Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Ultrasonic Flaw Detector, Solusi Mendeteksi Kerusakan Pada Material

Dalam dunia industri, segala material yang akan digunakan untuk bahan produksi harus terhindar dari cacat ataupun kerusakan. Namun, tidak semua cacat pada material dapat terlihat secara kasat mata, terdapat cacat yang berada di bagian dalam sehingga jadi sulit terlihat.

Untuk masalah tersebut, dibutuhkan alat untuk mendeteksi cacat material. Alat tersebut adalah Ultrasonic Flaw Detector. Alat ini dirancang untuk melakukan pengujian tidak merusak atau bisa disebut non destructive test (NDT).

Ultrasonic Flaw Detector adalah alat yang dapat mendeteksi cacat pada berbagai macam material seperti logam, plastik, kaca, material komposit, inspeksi las, dan material lainnya untuk kebutuhan produksi dan struktur.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk mendeteksi berbagai cacat material seperti diskontinuitas, retak dan heterogenitas bahan dalam produk setengah jadi, bisa juga untuk mendeteksi sambungan las, mengukur kedalaman dan koordinat cacat, ketebalan produk, kecepatan propagasi dan redaman getaran ultrasonic dalam material.

Cara Kerja Ultrasonic Flaw Detector

Cara kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan gelombang ultrasonic menggunakan instrument khusus. Prinsip kerja alat ini sangat lah sederhana, yaitu gelombang suara dirambatkan menuju material/objek yang akan diuji lalu dipantulkan kembali oleh objek tersebut.

Hasil pantulan ini nantinya akan dianalisa untuk mendeteksi ada atau tidaknya cacat pada material tersebut. Jika material tersebut mengalami kerusakan, gelombang ultrasonic yang dipantulkan tentu akan terpengaruh sehingga gelombang yang dipantulkan akan berbeda dengan gelombang ultrasonic yang kembali dipantulkan oleh material tersebut.

Ternyata metode pengujian menggunakan ultrasonic flaw detector ini merupakan metode NDT yang paling tua loh dibandingkan metode NDT lainnya.

Ultrasonic Flaw Detector ini memiliki ukuran yang beragam, ada yang kecil atau portable, ada juga yang besar. Portable Ultrasonic Flaw Detector dapat digunakan untuk pengujian di dalam ruang yang sempit.

Kelebihan Ultrasonic Flaw Detector

  • Pengerjaan relatif lebih mudah
  • Cukup satu sisi objek saja yang diuji untuk menentukan kerusakan secara keseluruhan
  • Tingkat kedalaman penetrasi sangat baik dibandingkan metode NDT yang lain
  • Selain untuk pengujian, NDT Ultrasonic juga bisa digunakan untuk mengukur ketebalan objek atau material
  • Menguji kualitas lasan dan logam dasar produk
  • Mendeteksi korosi, retakan, delaminasi dan cacat internal lainnya
  • Dapat menentukan koordinat dan estimasi parameter cacat seperti diskontinuitas, retakan dan keseragaman material dalam produk dari logam, plastik, komposit dan bahan lainnya
  • Mengukur ketebalan produk.

Ultrasonic Flaw Detector memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan berbagai pengujian mulai dari pengukuran ketebalan produk tipis hingga mendeteksi cacat pengecoran berukuran besar.

Testing Indonesia jual ultrasonic flaw detector berkualitas dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Office: 021-2956-3045, Email: sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto).




Produk Terkait dengan artikel Ultrasonic Flaw Detector, Solusi Mendeteksi Kerusakan Pada Material

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701