Gambaran Piezomer dalam Pengukuran Tekanan Air Tanah

Dalam membuat pondasi bagunan gedung bertingkat harus memerlukan beberapa pengujian tanah untuk melihat kondisi, karakteristik dari tanah tersebut untuk menentukan perencanaan dalam pembangunan. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kondisi tanah apakah mendukung atau malah mengalami penurunan ketika diberi beban.

Banyak cara untuk menguji karakteristik dari tanah, salah satunya Tes Sondir, uji sample di lab dan menggunakan alat Piezometer. Piezometer merupakan alat untuk mengukur tekanan atau pressure pada tanah, didalam tanah terdapat air yang mengalir secara alami untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Dilakukannya pengetesan dengan menggunakan piezometer untuk melihat tekanan atau gaya statis yang dihasilkan tinggi muka air tanah, selain untuk mengukur tekanan. Piezometer juga dapat mengukur suhu pada tekanan fluida yang terdapat didalam tanah dengan resolusi 0,1 ° C.


 Piezometer

 

Piezometer merupakan alat ukur sederhana yang penggunaannya cukup mudah untuk dilakukan pengukuran, Piezometer memiliki beberapa instrument yaitu kabel yang bisa menjadi meteran pengukur, piezometer, pipa dan bentonite.

Cara Kerja Piezometer

Lakukan pengeboran dengan menggunakan mesin bor bantuan alat berat dengan kedalaman tertentu, kemudian lakukan pembersihan pada lubang tersebut untuk mengurangi tanah yang masih tertinggal atau runtuh dari dinding lubang. Kemudian lakukan pemasangan selongsong pipa pada lubang tersebut untuk menjadi pelindung dari piezometer agar tanah tidak runtuh.

 

 

Setelah dilakukan pemasangan pipa selongsong, piezometer siap untuk dimasukan kedalam pipa tersebut, cukup dijatuhkan kedalam dan jika sudah sampai ke dalaman piezometer akan tetap berdiri dengan tegak. Pada lubang tersebut beri beberapa sentimeter pasir halus dan batu kerikil atau koral kemudian pasir halus lagi. Tujuan untuk memberikan pasir dan batu untuk menyaring air secara alami yang terdapat pada tanah.

Sehingga alat piezometer akan tetap membaca tekanan pada muka air didalam tanah saja, langkah terakhir beri bentonit untuk menutup pada lubang pipa tersebut hingga elevasi permukaan tanah. Catat kedalaman yang telah ditunjukan oleh kabel meteran tersebut untuk tahap selanjutnya dilakukan perhitungan.

Testing Indonesia sebagai penyedia berbagai sensor, alat pengujian dan alat ukur menjual Piezometer dengan kualitas terbaik. Jika Anda berminat, silakan hubungi tim kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan kami melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Gambaran Piezomer dalam Pengukuran Tekanan Air Tanah

Standard Piezometers (VW)
Standard Piezometers (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)